Friday, October 30, 2009

Apakah tanda-tanda perubahan zaman ?

----------------------------------------
The Nationals

Ras Al Khaimah UAE, 25 January 2009

Salju menutupi wilayah Jebel Jais untuk kedua kalinya dalam sejarah. Ini kejadian yg luar biasa mengingat wilyah UAE yg di dominasi oleh gurun pasir yg pada musim panas suhunya bisa mencapai +/- 50'C dan mencapai 5 – 10'C di musim dingin.
Menurut Pemerintah Rs Al Kaimah, suhu pada Jebel Jais turun ke -3 ° C pada Jumat malam, dan pada hari Sabtu, wilayah itu mencapai 1 ° C.
Mayor Saeed Rashid al Yamahi, pilot helikopter dan manajer RAK Air Wing dari Kepolisian, mengatakan salju menutupi area Jebel Jais seluas kira-kira lima kilometer dengan kedalaman 10cm.
"Pemandangan di sana pagi ini benar-benar luar biasa, dengan gunung yang tertutup salju dan seluruh daerah yang ditutupi salju putih yang menyilaukan," Mayor al Yamahi kata."Hujan salju dimulai pukul 3.00pm, dan terus sampai tengah malam, sehingga seluruh area diliputi oleh selimut tebal salju. Sebagian besar salju itu masih ada bahkan ketika kami terbang kembali dari gunung sore ini.”

Aisha al Hebsy, seorang wanita 50-an yang tinggal di pegunungan di dekat Jebel Jais sepanjang hidupnya, mengatakan "Seak dua puluh tahun yang lalu kami mulai mengalami hujan es, namun tidak sampai terbentuk salju. Salju pertamakali muncul pada tahun 2004, dan yg kedua kalinya tahun ini, 2009. Dan ini lebih tebal jika di banding tahun 2004" kata Ms al Hebsy.
Di kaki gunung, warga juga melaporkan hujan es lebat pada hari Jumat malam. " Tadi malam itu sangat dingin, dan hujan es terjadi namun tidak terjadi salju; salju hanya muncul di Jebel Jais karena itu yang tertinggi, "kata Fatimah Al Ali, 30 tahun, seorang penduduk yg tinggal di salah satu desa di bawah gunung.

-------------

No comments: