Tuesday, May 27, 2008

Sukribo - Kompas - Ahmad Faisal Ismail

SUKRIBO, komik strip yg dimuat di kompas tiap pekan memiliki banyak sekali pengemar. Bahkan dibela-belain beli kompas hari minggu (eh bener kan? ... soalnya dah lama nggak baca kompas yg edisi cetak) hanya untuk melihat Sukribo. Karakternya kuat dan kritis menyikapi kondisi yg terjadi lewat sindiran-sindiran yg lucu.


Pertama kali muncul, kalo nggak salah tahun 2003 (or 2004), begitu melihat goresannya.. inggatan saya sepertinya mengenal gaya tersebut, cuma waktu itu belum ngeeh .. dan terus menikmati komik stripnya. Dan ternyata inggatan saya benar, komikus ini nama lengkapnya Ahmad Faisal Ismail, atau biasa di panggil Mail.

Dulu sempat 1 tahun sekelas (Kelas 1B, SMADA Yogya, 1989-90), dan ketika kelas 2 & 3 berpisah kelas karena berbeda penjurusan. Namun kekompakan tetap, di KHARISMA, dan juga di kegiatan OSIS atau MPK.

Bakat menggambarnya sudah terlihat dari awal, hampir semua bukunya penuh goresan karikatur, sketsa, dll. Selain itu, dia juga jadi bagian ilustratornya PERSADA (Majalah Sekolah). Trus ketika kelas 3, yg lain pada sibuk nyiapin UMPTN, dianya dengan semangat 45 memilih masuk ke ISI. Dan memang pilihannya tepat, sekarang jadi komikus muda yg produktif dan telah banyak karya-karyanya yg mendapat penghargaan. Seperti "Si Muka Kacang", "Ayam Majapahit", dll. Untuk lengkapnya bisa di lihat di sini.

Berikut adalah sebagian stripnya Sukribo yg di muat di kompas (maaf Mail, nggak minta ijin dulu).



























3 comments:

Unknown said...

Eh, kribo yang edisi minyak dan politikus itu kamu perhatikan deh. Tahu nggak dua orang teman kribo itu: yang gembul gundul itu namanya Ridwan dan satunya namanya Kuncung... hahaha
Ingat nggak dulu kuncung pernah pake kaos itu (yang tulisan paguyuban pegawai bank plecit)..?
Ridwan sekarang sukses di Jakarta, Kuncung sekarang di Melbourne Aussie

Blackstone said...

Hahaha.... rupanya rekan smada yg lucu n ngangeni jadi bagian inspirasinya Sukribo...
Kalo aku ada potongan nggak tuk jadi pemeran pembantunya Sukribo....?

Anonymous said...

komik strip favoritku nih klo lagi baca kompas minggu