Monday, May 26, 2008

Blue Energy - Joko Suprapto

Sebuah lompatan besar sekiranya apa yg di kampanyekan Pak SBY soal Blue Energy nya Pak Joko benar-benar jadi kenyataan. Klaim dari si penemu waktu konferensi di bali adalah bahwa Blue Energy tersebut dah di applikasikan di mobil yg menempuh Jakarta-Bali.

Secara teori konsep tersebut di mungkinkan adanya water fuel cell dengan memecah air ke komponen Hydrogen dan Oksigen, tapi dari dari penelitian yg ada sekarang, untuk bisa melakukan itu di perlukan energy yg cukup besar. Namun siapa tahu, penemuan akan mengarah pada adanya katalis yg bisa menurunkan kondisi tersebut. Misalnya, dengan penambahan katalis tersebut, pada suhu kamar (30'C) dan tekanan udara (1 atm), air bisa di pecah jadi H2 dan O2. Sehingga bisa mensubtitusi keberadaan energy fosil.

Namun dengan kemisteriusan yg terjadi belakangan ini, seperti menghilangnya si penemu, meski dah balik lagi, mengisyaratkan sesuatu yg aneh dan sulit dipahami... apakah Blue Energy yg di gembar-gemborkan itu benar ada atau cuma hoax belaka. Atau sekedar konsumsi politik saja, soalnya 2009 dah di ujung mata.

Dari janji presiden yg tidak akan menaikkan BBM karena berharap proyek ini terwujud, sampai akhirnya menaikkan BBM karena ketidak jelasan (baca: mungkin ketidak mutuan) proyek tersebut, yg sudah di rencanakan akan siap pada tgl 20 May 2008.

No comments: