Saturday, December 20, 2008

Masuk Sekolah Jam 06:30 AM


"Gimana sih kebijakan Pemprov DKI ini, masak anak sekolah mulai 5 Januari 2009 masuknya di majukan jadi jam 6.30 dari jam 7.00. Alasannya untuk mengurangi kemacetan di jalan, padahal tahu sendiri kan, yg menyebabkan kemacetan sebenarnya banyaknya mobil pribadi orang kantoran yg di jalan. Emang berapa banyak anak sekolah yg pakai mobil pribadi?" Gerutu salah satu teman yg tinggal di Jakarta lewat email kemarin.

----------------------------
(Kutipan dari Koran Tempo)
Kebijakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memajukan jam masuk sekolah menjadi 06.30 WIB segera terealisasi. Seluruh sekolah akan menerapkan aturan baru itu mulai 5 Januari 2009 berdasar Surat Edaran Dari Dinas Dikmenti Provinsi DKI Jakarta nomor 87/SE/2008 tanggal 26 November 2008.

Demikian disampaikan Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto saat sosialisasi jam masuk sekolah di hadapan komite sekolah di Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan, Tanjung Duren, Jakarta Barat, Senin 15 Desember 2008.

Prijanto memastikan seluruh elemen pendukung telah siap. Dinas Perhubungan telah menyanggupi penyediaan angkutan umum dan bus awal lebih awal. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga telah berkoordinasi dengan Kepolisian Daerah Metro Jaya untuk menjamin keamanan para siswa yang harus berangkat pada jam subuh.

Memajukan jam sekolah dari pukul 07.00 ke pukul 06.30 WIB merupakan solusi termutakhir yang ditempuh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan. Selain memajukan jam masuk sekolah, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga mengatur jam masuk kerja karyawan sesuai zona wilayah. "Untuk mengurai kemacetan, memakai jalan di Jakarta perlu diatur secara bergantian," kata Prijanto.

Protes keras datang dari sejumlah kalangan. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dianggap telah mengorbankan dunia pendidikan untuk sebuah solusi yang tak tepat sasaran. Pemerintah DKI Jakarta seharusnya membenahi masalah di hulu terlebih dahulu seperti pengurangan jumlah kendaraan pribadi dan perbaikan sarana transportasi umum.

----------------------------

Kekesalan teman yg di Jakarta memang cukup beralasan; selama ini dengan masuk jam 7:00; anaknya dah berangkat dari rumah jam 06:00 agar masih dapat bis dan tidak terlambat. Berarti, sekitar jam 05:00 dia sudah harus membangunkan anaknya dengan susah payah agar jam 6 pagi siap.

Dengan di majukannya jam sekolah jadi 6:30; berarti dia harus membangunkan anaknya lebih pagi, paling tidak jam 04:30; dan ini kayaknya jadi perjuangan berat.

Dari sebuah kebijakan, tentunya ada sisi positif dan sisi negatif nya; berikut adalah sisi positif dengan di majukannya jam masuk sekolah jadi jam 6:30

1. Anak akan bangun pagi sekali dan bisa menunaikan sholat shubuh begitu adzan terdengar; mungkin yg selama ini males-malasen jadi lebih disiplin; dengan sendirinya tingkat keimanan akan meningkat. Ini berlaku juga buat guru-guru dan pegawai yg berkecimpung di dunia pendidikan.

2. Jam istirahat sekolah akan benar-benar di manfaatkan jadi istirahat beneran, dalam artian tidur, sehingga mengurangi tingkat kenakalan/keusilan pelajar. Dan pada akhirnya bisa menurunkan tingkat perkelahian antar pelajar. Boro-boro mo kelahi, ngantuk nih...

3. Siswa/pelajar yg suka keluyuran malam akan menurun drastis; karena paling tidak jam 9 malam harus sudah tidur jika tidak mau di setrap karena terlambat.

4. Kesehatan pelajar jadi lebih baik karena menghirup udara pagi yg segar.

5. Penjualan suplemen minuman maupun makanan akan meningkat; karena dengan masuk lebih pagi kemungkinan ngantuk besar sekali; dan untuk menahan kantuk di perlukan suplemen seperti permen kopi, vitamin, dll. Ini akan meningkatkan omzet pedagangan asongan.

6. Penjualan sweater, jaket, dll meningkat. Berarti omzet naik bagi pedagangnya.

Kalo sisi negatifnya, silahkan di pikir sendiri aja... :D

No comments: